Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan
pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran
merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses
perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta
pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain,
pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat
belajar dengan baik.
Di sisi lain pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan
pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam
konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan
menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan
(aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek
afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik,
namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu
pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan
adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik.
Pembelajaran berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar
dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi
ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut
akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar
dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses
belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang
memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik
lebih mudah mencapai target belajar.
Berikut beberapa artikel belajar dan pembelajaran artikel bagus miliki :
- Konsep Dasar dan Hakikat Penelitian Pendidikan
- Konsep Media Pembelajaran
- Apa Model Pembelajaran Langsung itu?
- Model Pembelajaran Kreatif
- Model Pembelajaran Inovatif
- Konsep Dasar Pembelajaran Aktif Untuk Mengaktifkan Siswa dalam Belajar
- Pengertian Tujuan dan cara Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- 8 Prinsip Penggerak Gairah Belajar
- Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa
- Kelemahan model pembelajaran kooperatif atau kerja kelompok
- Aplikasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran TIK
- Penerapan konsep belajar Behaviorisme untuk meningkatkan hasil belajar TIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar